Kamis, 29 November 2012

TUGAS III (TIGA) TIK kelas XI IPA SMA PGRI SUNGGUMINASA


SOAL

Jelaskan pengertian dari beberapa istilah-istilah yang biasa digunakan dalam internet berikut ini.
1.      Upload
2.      Download
3.      ISP
4.      HTML
5.      WWW
6.      URL
7.      Website
8.      Web Brower
9.      Homepage
10.  Search Engine

    JAWABAN
1.   Upload adalah kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network, kebalikan dari kegiatan ini disebut download.
2.    Download adalah istilah untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload.
3.  ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha penyedia layanan internet.
4.  HTML (Hypertext Mark Up Language) merupakan salah satu variasi SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protocol HTTP.
5.   World Wide Web sering disingkat WWW atau web saja yakni sebuah sistem dimana informas dalam bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafik (dalam format GIF,JTG, PNG) suara (dalam format AU, WAV) dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, quicktime movie, DDD world). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.
6.    URL (Uniform Resource Locator), yaitu sebuah alamat yang menunjuk kesebuah resourche di Internet. URL biasanya terdiri dari bagian yang disebut skema (scheme) yang diikuti sebuah alamat. URL diakses dengan format skema : //alamat resourche atau skema alamat resourche. Misalnya URL HTTP://yahoo.com menunjukkan alamat resourche yahoo.com yang di panggil lewat skema HTTP walaupun HTTP adalah skema yang digunakan namun masih tersedia skema-skema lain, misalnya telnet, FTP, dan sebagainya.
7.    Website adalah kumpulan file-file dalam sebuah folder yang berisi bahasa pemrograman (HTML, THP, CSS, dll.). File-file gambar yang tersimpan dalam folder-folder yang saling berkaitan satu sama lain dan tertampilkan dalam bentuk halaman-halaman. File-file tersebut tersimpan pada server online  (hosting)  dan mempunyai alamat spesifik yang digunakan untuk mengaksesnya melalui browser.
8.  Web Browser adalah program komputer untuk membaca halaman web dan menjelajahi internet.
9.      Homepage adalah halaman muka dari sebuahsitus web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang di set untuk sebuah browser.
10. Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk nmecari informasi yang tersedia didalam dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar