Kamis, 29 November 2012

TUGAS II (DUA) TIK kelas XI IPA SMA PGRI SUNGGUMINASA


TUGAS 2

      SOAL
  1.   Sebutkan apa yang dimaksud dengan komputer, modem, saluran telepon, HUB, repeater,  bridge dan router
2.     Apa yang dimaksud dengan MAN ?


     JAWABAN
  1.  a) Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya. 
     b) Modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya.Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telepon melalui modem. 
     c) Salura telepon adalah perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan salura telepon ini juga diikuti dengan penggunaa modem dial-up. Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel. 
     d) HUB/Switch merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa komputer. HUB menjadi saluran koneksi sentral untuk semua komputer dalam jaringan. 
     e) Repeater adalah perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut denga kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungs untuk menguatkan sinyal agar sinyal diterima sama dengan sinyal aslinya. 
     f) Bridge merupakan perangkat lunak yang menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain. 
    g) Router merupakan perangkat yang berfungsi hamper sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe berbeda. 

2. Metropolitan Area Network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar